SBMPTN 2016 #Pendaftaran Kembali.

Pengumuman Penerima Bidikmisi

Pada saat pendaftaran kembali akan dilakukan verifikasi berkas Bidikmisi di Loket Bidikmisi, dan berkaitan dengan hal tersebut calon mahasiswa penerima bidikmisi agar membawa berkas-berkas sebagai berikut.

  1. Kartu Tanda Peserta Bidikmisi.
  2. Formulir Biodata Mahasiswa.
  3. Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang sejenis sebagai bukti siswa di SMA/SMK/Madrasah.
  4. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s/d 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah
  5. Fotocopy ijasah dan nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (Apabila belum ada agar melampirkan surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah)
  6. Surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik, olahraga dan seni yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah
  7. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Ketua RT/Kepala Dusun yang disahkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pimpinan instansi tempat orang tua bekerja.
  8. Fotokopi Kartu Keluarga yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa
  9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya (apabila mempunyai bukti pembayaran);Semua berkas agar dimasukkan dalam stopmap berwarna merah yang di depannya diisi identitas, nama, jurusan, alamat dan nomor telepon.

Demikian pengumuman ini disampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih


Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Universitas Pendidikan Ganesha
SBMPTN 2016

Jalan Udayana, Singaraja - Bali. Telp. (0362) 22570, Fax. (0362) 25735 Kode Post 81116

Help Desk

  1. Untuk bantuan mengenai informasi Pendaftaran Kembali SBMPTN 2016 dapat diakses di halaman http://www.undiksha.ac.id atau anda dapat menghubungi bagian HUMAS dengan nomor (0362) 22570, humas@undiksha.ac.id
  2. Untuk bantuan mengenai permasalahan terkait aplikasi seperti login, error atau hal teknis komputer lainnya, dapat menghubungi TIM IT Undiksha dengan nomor telepon (0362) 26100 atau melalui Facebook Fans Page UPT-TIK Undiksha .


Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Universitas Pendidikan Ganesha
SBMPTN 2016

Jalan Udayana, Singaraja - Bali. Telp. (0362) 22570, Fax. (0362) 25735 Kode Post 81116

Selamat Datang di Sistem Pendaftaran Kembali

Tahapan Pendaftaran Kembali SBMPTN 2016 secara garis besar dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu:

  1. Tahap Pengisian data Uang Kuliah Tunggal (UKT).
  2. Tahap Penetapan dan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal.
  3. Tahap Pendaftaran Kembali.


Pengumuman untuk Bidikmisi
  1. Mahasiswa bidikmisi, juga wajib mengisi data sesuai dengan panduan/procedure yang ada.
  1. Untuk bantuan mengenai informasi Pendaftaran Kembali SBMPTN 2016 dapat diakses di halaman http://www.undiksha.ac.id atau anda dapat menghubungi bagian HUMAS dengan nomor (0362) 22570, humas@undiksha.ac.id
  2. Untuk bantuan mengenai permasalahan terkait aplikasi seperti login, error atau hal teknis komputer lainnya, dapat menghubungi TIM IT Undiksha dengan nomor telepon (0362) 26100 atau melalui Facebook Fans Page UPT-TIK Undiksha .




Login Calon Mahasiswa

Masukkan Nomor Pendaftaran dan Tanggal Lahir

Tahap 1. Pengisian data Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Pengisian data Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sebuah proses yang dilakukan lembaga untuk mengumpulkan data ekonomi calon mahasiswa baru, yang nantinya akan dijadikan acuan dalam penentuan UKT masing-masing calon mahasiswa. UKT akan dibayarkan setiap semesternya. Tidak ada pungutan lain lagi yang dibebankan kepada mahasiswa mengatasnamakan Undiksha selama menjadi mahasiswa.


Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian data UKT ini.

  1. Pengisian Data UKT dilakukan dari tanggal 1 Juli 2016 sampai dengan 15 Juli 2016. Keterlambatan pengisian Data UKT TIDAK BERPENGARUH terhadap kelulusan SBMPTN 2016, namun calon mahasiswa yang bersangkutan akan secara otomatis dibebankan ke UKT tertinggi pada jurusan yang dipilih.
  2. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus melalui jalur SBMPTN 2016 agar menyiapkan berkas-berkas kemudian di scan menjadi file dalam bentuk JPG/PDF untuk diunggah pada saat pengisian Form Data UKT. Adapun berkas yang perlu disiapkan yaitu sebagai berikut
    1. Fotokopi Kartu Keluarga yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa
    2. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Ketua RT/Kepala Dusun yang disahkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pimpinan instansi tempat orang tua bekerja.
    3. Fotokopi rekening listrik/voucer bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik).
    4. Bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya (apabila mempunyai bukti pembayaran)
    5. Fotokopi Pembayaran Air terakhir.
    6. Foto rumah, dan foto bersama keluarga.
    7. Fotocopy Akta Kelahiran.
    8. dan berkas lainnya yang akan diminta.
  3. Setiap calon mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha diwajibkan mengisi Form Data UKT secara online melalui laman: http://daftarkembali.undiksha.ac.id/sbmtpn-2016/ dengan melakukan login terlebih dahulu dengan Username: Nomor Pendaftaran SBMPTN, dan Password: Tanggal Lahir.
  4. Setelah Form Data UKT diisi dengan lengkap, Calon Mahasiswa mencetak Surat Pernyataan pada laman: http://daftarkembali.undiksha.ac.id/sbmtpn-2016/, untuk selanjutnya dilengkapi dengan tanda tangan calon mahasiswa di atas materai Rp. 6.000, tanda tangan orang tua/wali, dan tanda tangan kepala desa/lurah. Scan Surat Pernyataan tersebut, kemudian UNGGAH kembali ke dalam Sistem Ini.
  5. Surat Pernyataan Asli yang telah dilengkapi tanda tangan dibawa pada saat pendaftaran kembali.
  6. Bagi yang mengalami kendala dalam pengisian UKT bisa datang langsung ke Humas Rektorat Jalan Udayana No. 11 Singaraja - Bali. Jangan lupa membawa semua berkas yang diminta diatas.

Login Mengisi Data Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Login Calon Mahasiswa

Masukkan Nomor Pendaftaran dan Tanggal Lahir

Tahap 2. Penetapan dan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Penetapan dan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal adalah sebuah proses dimana Undiksha akan mengumumkan besaran Uang Kuliah Tunggal masing-masing calon mahasiswa dan kemudian calon mahasiswa membayarkannya ke bank yang telah ditunjuk oleh Undiksha yaitu BNI46. Anda dapat membayarkannya di seluruh unit/cabang/kantor BNI46 terdekat dikota anda.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengumuman dan pembayaran ini.

  1. Penetapan UKT dan penerima beasiswa Bidik Misi bagi setiap mahasiswa akan diumumkan pada tanggal 22 Juli 2016 melalui laman: http://daftarkembali.undiksha.ac.id/sbmtpn-2016/. Calon mahasiswa dapat melihat pengumuman dengan melakukan login terlebih dahulu, dengan menggunakan username/nomor pendaftaran dan password/tanggal lahir yang sama dengan username/nomor pendaftaran dan password/tanggal lahir pada tahap pengisian data UKT.
  2. Calon mahasiswa melakukan Pembayaran UKT sesuai dengan pengumuman penetapan UKT melalui BNI46 dari tanggal 25 Juli 2016 sampai dengan 28 Juli 2016 dengan menunjukkan nomor pendaftaran SBMPTN 2016.
  3. Calon mahasiswa melengkapi Biodata dan mencetak form Biodata, serta dokumen kelengkapan pendaftaran kembali lainnya.
  4. Calon Mahasiswa yang diterima beasiswa Bidikmisi tidak melakukan pembayaran UKT.
  5. Unduh semua berkas yang akan dibawa saat Pendaftaran Kembali di Undiksha.

Login Melihat Pengumuman Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Login Calon Mahasiswa

Masukkan Nomor Pendaftaran dan Tanggal Lahir

Tahap 3. Pendaftaran Kembali di UNDIKSHA

Pendaftaran Kembali di Undiksha adalah sebuah proses dimana calon mahasiswa datang langsung ke Universitas Pendidikan Ganesha, dengan membawa berkas-berkas yang diunduh pada sistem. Di lokasi pendaftaran, mahasiswa akan mengikuti bebarapa tahapan pendaftaran kembali.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pendaftaran kembali di Undiksha.

  1. Waktu Pendaftaran Kembali dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2016 pukul 08.00 - 16.00 WITA
  2. Tempat Pendaftaran Kembali dilaksanakan diGedung Auditorium Undiksha, Jalan Udayana No. 11 Singaraja
  3. Dokumen kelengkapan
    1. Kwitansi pembayaran UKT dari BNI (tidak diperlukan bagi calon mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi).
    2. Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2016
    3. Surat Keterangan Lulus/Ijazah, Rapor, Sertifikat Prestasi, dan dokumen asli lainnya sesuai dengan file yang diupload pada saat pendaftaran online SBMPTN.
    4. Foto copy Surat Keterangan Lulus/Ijazah yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah
    5. Pasfoto berwarna ukuran 2x3 sebanyak 4 lembar, dan ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar. Di belakang pasfoto ditulisi identitas nama dan jurusan
    6. Foto copy KTP/SIM sebanyak 2 (satu) lembar
    7. Form Biodata Calon Mahasiswa (dapat diunduh pada sistem)
    8. Surat Pernyataan ASLI
    9. Print-out Form B.0 (Cek list) yang diunduh dari laman http://daftarkembali.undiksha.ac.id/sbmptn-2016/
    Semua berkas dan bukti pembayaran dimasukkan ke dalam stofmap folio, dengan ketentuan
    1. Warna Biru Muda untuk jurusan-jurusan di lingkungan FIS
    2. Warna Hijau untuk jurusan-jurusan di lingkungan FMIPA
    3. Warna Kuning untuk jurusan-jurusan di lingkungan FBS
    4. Warna Merah Muda untuk jurusan-jurusan di lingkungan FIP
    5. Warna Merah Tua untuk jurusan-jurusan di lingkungan FOK
    6. Warna Biru Dongker untuk jurusan-jurusan di lingkungan FTK
    7. Warna Orange untuk jurusan-jurusan di lingkungan FEB
  4. Pelaksanaan Pendaftaran Kembali
    1. Langkah ke-1: Menyerahkan bukti pembayaran UKT dari BNI dan Surat Pernyataan.
    2. Langkah ke-2: Menjalani Tes Kesehatan Pada Loket 2. Calon Mahasiswa yang tidak lulus tes kesehatan dinyatakan GUGUR sebagai calon mahasiswa UNDIKSHA
    3. Langkah ke-3: Melakukan verifikasi data: Surat Keterangan Lulus/Ijazah, Rapor, Sertifikat Prestasi yang asli, dan data lainnya sesuai dengan data yang diinput secara online pada saat pendaftaran SBMPTN 2016. Verifikasi data ini dilakukan pada Loket 3. Calon Mahasiswa yang tidak lulus verifikasi data dinyatakan GUGUR sebagai calon mahasiswa UNDIKSHA
    4. Langkah ke-4: Validasi data di sistem oleh tim TI untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), yang dilakukan pada Loket 4.
    5. Langkah ke-5: Melaksanakan pendaftaran kembali pada Fakultas dan Jurusan masing-masing dengan menyerahkan form Biodata dan form check list yang telah lengkap diparaf pada tiap Loket sebelumnya. Langkah ini dilakukan pada Loket 5
    6. Langkah ke-6: Verifikasi beasiswa Bidik Misi, khusus bagi calon mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi, pada Loket 6.
    7. Langkah ke-7: Mengambil, mengisi dan menyerahkan formulir KTM yang telah diisi pada Loket 7.
    8. Pendaftaran selesai
  5. Ketentuan Lainnya
    1. Bagi calon mahasiswa yang telah melakukan pembayaran UKT dan dinyatakan gugur dalam proses pendaftaran kembali, uang UKT yang telah dibayarkan akan dikembalikan.
    2. Jika ada hal-hal yang belum jelas, calon mahasiswa dapat menghubungi humas UNDIKSHA untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut, Telp: (0362) 22570.
    3. Jika saat login ke laman: http://daftarkembali.undiksha.ac.id/sbmtpn-2016 mengalami kendala, hubungi Tim TI Puskom Undiksha: (0362) 26100.

Login Mengunduh Berkas Pendaftaran Kembali

Login Calon Mahasiswa

Masukkan Nomor Pendaftaran dan Tanggal Lahir